Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Rabu, 15 Agustus 2018

8 Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik dan Terpercaya

ilustrasi asuransi motor
Sebagian besar mungkin akan berpikir bahwa menggunakan asuransi kesehatan sangat penting bagi setiap orang. Memang, itu merupakan hal yang benar. Namun, tahukah Anda memasukkan beberapa harta benda yang Anda miliki ke dalam asuransi juga sangat penting untuk Anda perhatikan.

Saat ini, tidak sedikit orang yang memilih untuk melindungi harta bendanya dengan menggunakan asuransi. Hal ini bertujuan jika terjadi sesuatu pada harta benda yang Anda miliki, maka hal tersebut sudah dijamin oleh pihak asuransi.

Ada berbagai macam jenis asuransi harta benda yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah yakni asuransi motor. Sama halnya dengan beberapa asuransi kendaraan yang lainnya. Untuk memilih sebuah perusahaan asuransi sepeda motor juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa tips memilih asuransi motor yang harus Anda perhatikan dengan baik. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Pada saat saat Anda akan memilih sebuah asuransi untuk motor, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih jenis asuransi motor yang tepat. Ada 2 jenis asuransi motor yang bisa Anda pilih, seperti:

- Asuransi Gabungan (Comprehensive)

Asuransi yang satu ini akan menjamin semua kerusakan motor yang dialami. Baik itu kerusakan kecil atau bahkan kerusakan besar yang diakibatkan oleh kecelakaan. Tak hanya itu, asuransi yang satu ini juga menjamin kendaraan yang hilang akibat dicuri atau dirampas.

- Asuransi Total Lost Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi sebelumnya, asuransi yang satu ini hanya akan menjamin kerusakan motor lebih dari 75% akibat kecelakaan. Namun, asuransi ini juga menjamin kehilangan motor akibat pencurian ataupun penggelapan. Dengan jaminan yang diberikan tersebut, tentu saja asuransi yang satu ini memiliki premi yang lebih murah.

2. Hitung Dengan Benar Premi dan Klaim

Sebelum Anda memilih sebuah asuransi yang tepat, langkah selanjutnya ialah dengan menghitung seberapa besar premi yang harus Anda bayarkan. Hal ini merupakan salah satu tips memilih asuransi motor yang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui gambaran tentang manfaat serta biaya yang harus Anda keluarkan tersebut.

Tak kalah penting, Anda juga harus menghitung besaran klaim yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan yang Anda pilih. Jangan sampai Anda memilih sebuah perusahaan dengan klaim yang malah akan merugikan Anda.

Baca juga: Apakah Website Mykredit.co.id memberikan Pinjaman Uang Online?

3. Sesuaikanlah Dengan Anggaran yang Dimiliki

Tips memilih asuransi motor selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah dengan mempertimbangkan biaya premi yang harus dibayarkan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan terlalu memaksa untuk membayar premi dengan harga yang tinggi apabila Anda tidak memiliki anggaran yang lebih. Dengan melakukan cara tersebut, hal ini akan sangat membantu pengeluaran Anda nantinya.

4. Pertimbangkan Rekomendasi Perusahaan Asuransi Dari Dealer

Biasanya, pada saat Anda membeli sebuah kendaraan, Anda juga akan direkomendasikan tentang beberapa perusahaan asuransi yang bisa Anda gunakan dari pihak dealer. Biasanya, pihak dealer juga akan merekomendasikan perusahaan terbaik untuk Anda.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan tips memilih asuransi motor yang satu ini dan memilih untuk mencari perusahaan dealer sendiri pun hal tersebut bukan menjadi masalah.

5. Lihat Dengan Baik Kredibilitas Perusahaan yang Akan Dipilih

Ada banyak sekali perusahaan asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih. Namun pastikan, bahwa Anda memilih sebuah perusahaan dengan kredibilitas dan reputasi yang baik. Anda bisa mencari informasi suatu perusahaan asuransi dari internet ataupun media massa. Selain itu, Anda juga bisa mengecek rasio penyelesaian klaim dari perusahaan tersebut.

Cek dengan baik apakah perusahaan tersebut mampu melayani klaim para klien dengan baik atau tidak. Jika perusahaan asuransi tersebut dapat melayani klien dengan baik, maka Anda tidak perlu ragu lagi jika akan mengajukan klaim di kemudian hari.

6. Perhatikan Dengan Baik Fitur Layanan yang Diberikan

Tips memilih asuransi motor yang satu ini sangat penting bagi Anda untuk diperhatikan. Tentu saja, Anda membutuhkan sebuah perusahaan asuransi dengan layanan 24 jam dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap di dalamnya seperti mobil Derek, ambulan, dan masih banyak lagi.

7. Bengkel Rekanan

Tidak hanya memperhatikan beberapa hal diatas untuk bisa memilih sebuah perusahaan asuransi terbaik. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk melihat apakah asuransi tersebut memiliki banyak bengkel rekanan ataupun tidak. Jika sebuah asuransi memiliki bengkel rekanan yang cukup banyak, maka hal tersebut bisa menguntungkan Anda.

8. Pahami Dengan Benar Isi Polis Dari Suatu Asuransi

Langkah selanjutnya ialah sangat penting bagi Anda untuk memahami dengan benar isi dari Polis asuransi yang akan diberikan. Menggunakan sebuah asuransi untuk kendaraan Anda berarti membuat Anda untuk menghindari resiko kerugian kendaraan. Pahami dengan benar isi polis yang akan diberikan sehingga tidak akan membuat Anda rugi nantinya.

Dari 8 tips memilih asuransi motor di atas, tentu saja akan sangat membantu Anda untuk mencari sebuah asuransi motor terbaik dan terpercaya. Semoga bermanfaat.
Judul : 8 Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik dan Terpercaya
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.