Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Selasa, 08 November 2016

Tips dan Trik untuk Merawat Kamera DSLR

Mempunyai kamera untuk sebagian besar orang yang awam tentu sangat membanggakan, terlebih jika kameranya ialah kamera DSLR, namun di balik kebanggaan Anda, Anda harus bersiap dengan perawatan yang baik. Membersihkan dan menyimpan DSLR sebenarnya bukan tanpa adanya tujuan fisik semata agar ia dapat aman dan bersih, namun dikarenakan DSLR ini mempunyai banyak sekali kompartmen serta kebanyakan dari kompartmen ini begitu intensif, maka sebagai cara untuk menjaga kinerja serta optimalnya DSLR, Anda harus melakukan perawatan yang jauh berbeda di banding dengan kamera pocket lainnya.

Tips pertama ialah selalu perhatikan body dari kamera. Membersihkan DSLR ialah hal yang sangat sederhana untuk bisa dilakukan, akan tetapi ia sering sekali terlupa karena banyak bagian di body kamera yang harus Anda bersihkan contohnya seperti tombol navigasi dan viewfinder. Untuk melakukan pembersihan view finder, bisa dilakukan dengan mempergunakan cotton bud serta sedikit cairan sebagai cairan pembersih maupun air. Akan tetapi jangan banyak air, dan jangan lupa untuk memutar tombol yang jarang sekali digunakan. Hal ini bertujuan agar ia tidak kaku serta bisa membersihkan bagian diselanya dengan kuas kaku.

Kamera DSLR

Untuk penyimpanan DSLR ini mungkin Indonesia berbeda dengan negara yang lainnya, hal ini dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis, hal ini membuat kamera mempunyai ketahanan yang lebih rentan. Suhu yang paling baik untuk menghindari adanya jamur yang menempel di kamera DSLR ialah 40 hingga 60 derajat, maka untuk memperoleh suhu yang ideal, Anda bisa melakukan penyimpanan pada kotak yang kedap dengan udara, bila Anda masih belum puas dengan kotak yang kedap suara, Anda bisa menggunakan dry cabinet electric yang dapat mengatur kelembapan. Jika sulit menemukan kotak yang kedap suara, Anda bisa menggunakan silica Gel yang berada di pinggiran kotak penyimpanan agar dapat tertutup dengan rapat.

Berikutnya ialah lensa dari kamera. Lensa ini tentu wajib Anda bersihkan dikarenakan selain ia memiliki harga yang mahal, ia juga mempunyai fungsi sebagai poros agar bisa tetap maksimal. Pembersihan lensa sebaiknya Anda lakukan dengan cara yang berkala, siapkan berbagai macam alat yang digunakan untuk membersihkan lensa. Di bagian permukaan lensa, sebaiknya Anda menggunakan lap yang mempunyai bahan kulit untuk bisa menyeka lensa dengan perlahan.

Kamera DSLR mempunyai perangkat sensor yang begitu canggih serta letaknya juga sangat sulit di jangkau karena berada di bagian dalam. Walaupun nantinya di dalamnya lensa ini terkena oleh kotoran, saat ketika akan menggantikan lensa, lebih baik Anda pastikan jika tempat tersebut terbebas dari kotoran. Anda pun dapat mengecek apakah sensor kamera ini telah bersih ataukah masih kotor dengan memasang lensa dan atur shutter.
Judul : Tips dan Trik untuk Merawat Kamera DSLR
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.