Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Senin, 14 November 2016

Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe adalah tanaman rimpang yang sering digunakan banyak orang sebagai rempah-rempah dan bahan obat terutama obat-obatan herbal. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini, seperti sebagai obat tradisional, bumbu dapur, penghangat tubuh dan masih banyak lagi. Seperti halnya rempah-rempah lain, jahe sendiri memiliki macam-macam jenis, di antaranya adalah jahe gajah, jahe putih dan jahe merah.

Sesuai namanya, jahe ini memiliki warna kemerah-merahan berbeda dengan jenis jahe yang lainnya. Ukuran jahe ini lebih kecil tapi mengandung serat yang lebih banyak. Tanaman ini mudah tumbuh di tempat terbuka dan tanah yang memiliki tekstur kering atau gembur dengan ketinggian 0 sampai 900 meter di atas permukaan laut. Jahe ini hanya dapat ditemukan di negara-negara beriklim tropis maupun sub tropis. Jahe ini memiliki konsentrat pahit dan pedas lebih tinggi dibanding dua jahe yang lain.

Jahe Merah

Berikut adalah ciri-ciri pada jahe jenis merah yang membedakannya dengan jahe yang lain:

- Jahe ini memiliki batang yang merupakan batang semu dengan tinggi 3o-100 cm.
- Memiliki bau menyengat yang khas.
- Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar yang berwarna kemerahan
- Tangkai daun memiliki bulu-bulu halus dan panjangnya 2-4 mm.

Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak asitri paling tinggi sehingga cocok digunakan untuk membuat ramuan obat, merangsang kelenjar pencernaan sekaligus merangsang nafsu makan. Adapun khasiat yang didapat jika kita mengkonsumsi tanaman ini adalah sebagai berikut:

1. Dapat mengobati rheumatic atau encok.
2. Membantu penyembuhan penyakit asma.
3. Meredakan migraine.
4. Mengobati masuk angin dan influenza.
5. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.
6. Membantu mengurangi batuk-batuk.
7. Menyembuhkan radang tenggorokan.
8. Mengatasi gejala asam lambung.
9. Mengatasi kekurangan darah atau anemia.
10. Menurunkan tekanan darah.

Selain khasiat yang didapat bagi kesehatan tubuh, jahe merah juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan. Di antaranya adalah:

- Kandungan dalam jahe ini dipercaya dapat mengurangi minyak yang berlebihan pada kulit wajah, sehingga membuat wajah tampak bersih dan sehat.

- Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan membersihkan jahe terlebih dahulu lalu diiris tipis-tipis secara melintang. Setelah itu tutupi wajah dengan irisan jahe tersebut. Diamkan sampai sepuluh menit lalu cuci muka sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin setiap minggunya.

- Jahe jenis merah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diet alami. Tanaman ini memiliki senyawa yang dapat membakar lemak pada tubuh dan mengurangi nafsu makan sehingga bagus untuk program diet.

Karena kandungan seratnya yang lebih tinggi pula, jahe ini dapat memperlancar pencernaan. Tapi bagi para penderita maag akut, sebaiknya jangan mengkonsumsi jahe ini terlalu banyak.

Agar kita dapat mengkonsumsi jahe ini lebih sering, alangkah baiknya kalau kita bisa membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah kita. Sebenarnya menanam jahe ini sama dengan jahe lain pada umumnya. Kita harus memperhatikan tanahnya, apakah jenis tanah subur atau tidak. Ciri tanah subur adalah yang gembur dan banyak humusnya. Jahe yang merah ini membutuhkan cahaya 70-100 %. Suhu udara yang dibutuhkan untuk menanam jahe jenis merah ini antara 20-30˚C. Untuk pemilihan bibit, kita tentu akan memilih bibit yang bagus sekaligus bebas hama dan penyakit. Bibit yang harus ditanam adalah yang memiliki bobot dewasa antara 25-60 gram.

Itulah manfaat jahe merah yang digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan juga masalah kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat.
Judul : Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.