Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Senin, 21 November 2016

Mengembangkan Diri Melalui Buku Psikologi

Kehidupan manusia sangat berhubungan dengan proses dimana orang tersebut mengalami perkembangan diri. Mulai dari usia balita sampai usia lanjut. Tentunya dalam proses perkembangan diri ini tidak bisa dipungkiri semulus yang dikira, yaitu menghadapi beberapa situasi yang kemungkinan diri sendiri tidak dapat mengatasinya. Tetapi, berkat hadirnya buku psikologi sebagai bahan literasi beberapa situasi mengenai perkembangan diri tersebut dapat membantu dalam mengenal, memahami dan mengatasinya situasi sulit sekalipun dalam kehidupan.

Psikologi berkaitan tentang sebuah ilmu yang berkaitan tentang manusia. Disini psikologi diartikan lebih luas, yaitu psikologi dapat berarti sebuah ilmu tentang tingkah laku manusia dimana membentuk emosi, intelegensi, memori, membentuk karakter serta kepribadian diri. Ada definisi lain, psikologi diartikan sebuah ilmu mengenai perilaku yang berkaitan dengan kinerja tubuh baik secara biologis maupun psikis. Tetapi di lain sisi, psikologi bisa diartikan ilmu yang berkaitan tentang pembentukan karakter seseorang dan penyesuaian diri manusia terhadap lingkungannya. Namun ketika seseorang terkena depresi, psikologi dapat membantu seseorang untuk memahami, mencegah dan memulihkan kondisi tersebut dan dapat sebagai bahan terapi konsultasi.

Buku Psikologi

Bahkan psikologi dapat berperan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam dunia pendidikan (memotivasi siswa untuk semangat belajar ataupun mengatasi berbagai konflik yang terjadi antara warga sekolah) serta permasalahan yang dapat terjadi di dunia kerja (memotivasi semangat pekerja, mengatasi stres pekerja, membuat strategi pemasaran maupun menghadapi konflik pekerja dengan perusahaan).

Untuk itu hadirnya buku psikologi sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan tentang manusia. Terutama dalam menghadapi dan membantu pada situasi-situasi sulit yang tidak hanya terjadi pada diri sendiri tetapi terjadi pada orang lain. Buku-buku pengembangan diri tersebut yang tidak hanya bertemakan tentang perkembangan diri seseorang (mulai dari dalam kandungan sampai usia tua), tetapi juga bertemakan tentang kehidupan interaksi dalam bermasyarakat.

Ada beberapa manfaat yang didapat ketika membaca buku pengembangan diri tersebut, di antaranya:

- Mengenal perilaku dan keadaan seseorang,

Selama ini dalam berinteraksi terdapat perilaku dan kepribadian seseorang yang berbeda-beda. Dengan mengenal psikologi melalui referensi yang ada akan lebih mengenal perilaku dan kepribadian antara orang yang satu dengan yang lainnya.

- Mengenal dan memahami keadaan seseorang,

Keadaan seseorang selalu berubah-ubah, seperti khawatir, terkadang cemas, mengalami permasalahan sampai sedih. Dengan membaca buku tersebut akan semakin mengenal kondisi keadaan tersebut dan ketika diminta memberikan masukan/saran dapat memberikan solusi yang bermanfaat.

- Mengenal dan memahami perkembangan diri,

Perkembangan diri ketika anak-anak akan berbeda jauh ketika sudah usia remaja bahkan lansia. Perkembangan diri ini terkadang didapatnya sendiri tetapi terkadang pula perlu adanya penunjang ataupun referensi untuk lebih mengenal perkembangan yang terjadi setiap saat dengan berbagai problemantika yang ada. Melalui buku tersebut informasi yang belum pernah didapat akhirnya dapat dijadikan penunjang kehidupan.

- Media motivasi diri,

Permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan ini seringkali tidak mudah dihadapi. Sehingga perlu orang lain ataupun penunjang lain yang bisa digunakan untuk menghadapi permasalahan yang ada. Motivasi-motivasi yang ada dari sebuah buku yang berbicara tentang perkembangan diri akan membantu bangkit kepada keterpurukan dan memulai semangat yang baru.

Dengan kata lain, buku psikologi tidak hanya membantu seseorang tetapi juga bermanfaat bagi diri sendiri untuk mengenal, memahami dan mengatasi perkembangan diri sendiri. Semoga bermanfaat!
Judul : Mengembangkan Diri Melalui Buku Psikologi
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.