Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Senin, 29 Agustus 2016

Komponen Home Theater dan Cara Memilih Sistem yang Pas

Memberikan pengalaman menonton bagaikan di bioskop adalah tujuan dari adanya home theater. Menggunakan kumpulan perangkat elektronik ini, Anda akan bisa menikmati dahsyatnya suara dari film atau konser musik yang menggelegar, dipadukan dengan tampilan dari layar yang Full HD 1080p. Perangkat bioskop rumah ini sendiri terdiri dari berbagai komponen audio dan video, yang semuanya disatukan untuk memberikan Anda pengalaman menonton yang tak terlupakan.

Di dalam konsep teater atau bioskop rumah ini, ada 3 komponen penting yang harus ada, yaitu:

1. Sound system
Harus ada setidaknya 5 buah speaker surround sound yang didukung dengan subwoofer untuk menambah sensasi bass yang lebih. Meski standarnya adalah 5.1 Surround sound, sekarang ini sudah mulai ada format 7.1 yang lebih menggelegar lagi.

Home Theater

2. Tampilan HD 1080p
Memiliki tampilan layar televisi yang jernih adalah salah satu poin utama dari sistem ini. Baik TV LCD ataupun LED, televisi tersebut haruslah mendukung resolusi 1920x1080 pixel (Full HD), yang memiliki refresh rate sebesar 100-200 Hz. Beberapa produsen televisi bahkan melengkapinya dengan teknologi 3D.

3. Media player
Sarana untuk memutar film atau konser kesayangan Anda. Standar modern untuk hasil gambar HD adalah menggunakan Blu-Ray player, meski kebanyakan di Indonesia masih menyediakan DVD player.

Bagaimana memilih dari sekian banyak home theater yang beredar di pasaran ini? Pertama-tama tentunya adalah Anda harus melihat merknya dulu. Merk-merk seperti LG, Polytron, Samsung, Yamaha, Philips, dan berbagai merk ternama lain di dunia elektronik juga merajai sektor ini, dan memiliki kualitas yang rata-rata hampir sama. Hanya saja harganya yang berbeda.

Jika Anda ingin mencari sistem yang pas dengan kebutuhan Anda, berikut beberapa tipsnya:

1. Sesuaikan dengan ukuran ruangan
Banyak dari sistem ini yang berukuran besar dan memakan cukup banyak tempat. Jadi jika Anda hanya memiliki ruangan yang sempit, carilah sistem yang ukurannya lebih compact.

2. Bundled atau terpisah
Ada banyak yang menawarkan sistem yang sudah lengkap, dengan speaker, televisi, dan juga player, namun ada juga yang hanya menawarkan satu komponen saja. Pertimbangkan mana yang akan Anda pilih.

3. Kualitas speaker
Untuk sound yang maksimal, Anda harus memilih minimal 5 speaker dengan subwoofer dan amplifier. Jangan ragu untuk mencobanya secara langsung.

4. Daya yang dimiliki
Sederhananya, semakin nyaring dan banyak speaker yang Anda pilih, dan semakin lebar layar televisi, Anda akan memerlukan daya listrik yang besar.

Pertimbangkan juga apa saja mayoritas dari video atau acara yang akan Anda tonton, apakah lebih berfokus pada film dengan gelegar suara yang immersive, ataukah konser musik yang memerlukan suasana jernih dan suara bass serta treble yang jelas. Jangan lupa pula untuk membandingkan harga antara home theater yang Anda pilih, agar Anda bisa mendapatkan harga paling ekonomis.
Judul : Komponen Home Theater dan Cara Memilih Sistem yang Pas
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.