Blog mengupas tentang keuangan dan kredit serta tips trik lainnya seputar kehidupan kita


Rabu, 02 Juli 2014

Untung Rugi Kredit Motor Bekas

Saat ini sangat banyak ditawarkan kredit motor bekas di berbagai dealer atau show room motor. Fasilitas ini tentunya menjadi solusi anda yang ingin memiliki motor idaman, namun dengan harga yang lebih murah. Memang kondisi motor tidak lagi 100 persen sempurna, karena sudah dipakai oleh pengguna sebelumnya. Tapi jika anda ditunjang pengetahuan seputar motor, maka bisa mendapatkan motor idaman dengan kondisi yang masih bagus. Apa saja keuntungan dan kelemahan jika anda membeli motor bekas secara kredit

Keuntungan kredit motor bekas

Pemburu motor bekas biasanya bukan karena ketersediaan dana atau ingin harga yang murah saja. Tapi biasanya bagi mereka penggemar tipe motor tertentu dan ingin memodifikasi motor tersebut sesuai keinginannya. Daripada mereka membeli motor baru lebih baik mereka membeli yang sudah second atau bekas. Keuntungan membeli motor bekas secara kredit adalah anda bisa mendapatkan motor dengan harga yang lebih murah dan angsuran per bulan lebih ringan. Anda berpeluang mendapatkan kualitas motor yang lebih baik dengan harga miring.

Kerugian kredit motor bekas

Disamping keuntungan tersebut, terdapat kelemahan ketika membeli motor bekas secara kredit. Kerugian tersebut adalah harga  motor menjadi lebih mahal dari harga tunai dan kualitas mesin tidak mendapat jaminan berupa garansi atau fasilitas lainnya. Sehingga sifatnya hanya untung-untungan saja. Oleh karenanya sebelum memutuskan membeli motor bekas, sebaiknya anda melakukan survei harga pasaran tipe motor incaran anda. Bila pengetahuan akan mesin motor sangat terbatas, sebaiknya anda mengajak teman yang paham betul mesin dan kondisi motor saat datang ke show room motor.

Perhatikan juta surat-surat legalitas motor tersebut, pastikan juga kalau motor tersebut tidak memiliki tunggakan pajak. Selanjutnya anda pilih lembaga pembiayaan kredit atau leasing yang paling sesuai dengan kemampuan finansial anda. Kemudian baca dengan cermat semua berkas yang diajukan kepada anda, agar tidak terdapat pasal yang merugikan anda. Jangan lupa minta salinan atau fotocopy dari berkas yang anda tandatangani. Sehingga anda memiliki surat perjanjian kredit tersebut.
Judul : Untung Rugi Kredit Motor Bekas
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.